KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Sayur Asem Bening Spesial Komplit

f:id:kreasiresep:20181020144050j:plain

Resep sayur asem yang enak dan segar rasanya. Di daerah Betawi dan Sunda amat terkenal dengan menu ini. Saya akan bercerita dulu. Pagi hari ini, pagi-pagi ibu sudah bersiap-siap untuk berangkat ke pasar. Maklum, tiap hari libur beliau ngajak aku untuk berbelanja bersama-sama. Pasarnya tidak terlalu jauh dari rumah. Sekitar 4 kilo meter saja. Dengan bersepeda motor kurang lebih butuh waktu sekitar 10 menit. Memang jalannya begitu padat dengan berbagai kendaraan yang lalu lalang. Dalam perjalanan ke pasar ini, ibu kadang selalu memberi nasihat dan mengingatkanku untuk menjadi seorang yang baik. Patuh kepada orang tua. Setelah sampai di pasar, aku diajak berdiskusi tentang apa saja yang akan dibeli. Sebelum membeli, biasanya bunda menawarkan tentang penting tidaknya barang tersebut kepada saya. Bila tak begitu penting, maka gak jadi untuk dibeli. Sampai tibalah ke tempat penjual sayur mayur. Sangat lengkap sekali di situ. Mau beli sayur jenis apa saja tersedia. Sebelum mau membeli, ibu tanya aku dulu. Nanti kita mau masak sayur apa? Langsung aja aku jawab, " sayur asem saja Bu". Ibu pun setuju, akhirnya dibelilah semua bahan yang dibutuhkan seperti jagung manis muda, labu siam, melinjo, asem jawa, kacang panjang, terong ungu. Tidak lupa dengan beberapa bumbu dapur yang di rumah sudah habis. Setelah semua sudah terbeli, barulah aku dan ibu pulang. Langsung mempraktekkan resep sayur asem bening sederhana.

Bahan dan Bumbu yang diperlukan untuk memasak sayur asem :
- 1 buah labu siam, potong-potong
- 1 buah jagung manis, potong-potong
- 3 lembar kacang panjang, potong-potong
- ½ batang oyong, potong-potong
- 1 genggam melinjo
- ½ batang terong ungu, potong-potong
- 10 lembar daun melinjo
- 2 sdt asam jawa
- 3 gelas air
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1 batang gula merah
- 2 butir bawang merah, haluskan
- ½ sdt terasi, haluskan
- 1 lembar daun salam
- 1 batang daun bawang, potong-potong
- 2 ruas lengkuas, memarkan
- ½ sendok makan garam

Cara membuat dan memasak sayur asem istimewa enaknya :
1. Pertama, rebus semua sayuran dengan air hingga mendidih.
2. Kemudian masukkan bumbu halus, daun salam, daun bawang, garam, gula merah, asam jawa, dan lengkuas, kemudian aduk dan masak hingga matang.
3. Tambahkan air asam jawa, bila mana setelah dicek rasanya ternyata kurang segar. Lalu angkat dan siap untuk dihidangkan.