KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Membuat Rendang Telur Bumbu Padang Enak

f:id:kreasiresep:20181015074339j:plain

Resep yang sederhana ini bisa kita praktekkan di rumah. Berbahan dasar dari telur ayam. Dilihat dari namanya, tentu saja kita akan tahu bahwa sumber masakan ini dari Minang atau Padang Sumatra Barat. Pedas dan mantap rasanya. Cocok sekali untuk kita hidangkan di meja makan keluarga. Bisa kita rencanakan menu ini untuk makan siang atau malam. Kala kita mengundang saudara atau tetangga di rumah. Ya, misal untuk acara arisan keluarga , pengajian , atau sekedar main aja. Akan menjadi berbahagia bila kita mampu menyajikan masakan ini untuk para tamu. Mereka tentu akan senang menikmatinya. Dalam membuatnya juga tidaklah sulit. Mudah dan praktis saja. Bahannya yang diperlukan bisa kita peroleh di warung tetangga kita. Oke, jadi sederhana sekali. Yukk, langsung kita lihat resep rendang telur padang di blog ini.

Bahan yang diperlukan :
- 5 butir telur ayam
- Minyak goreng untuk menggoreng dan menumis
- 3 butir bawang merah, iris tipis
- 200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
- 1 batang serai, memarkan
- 1 lembar daun kunyit, simpul
- 1/2 liter santan air
- 1 mata asam jawa
- Garam secukupnya
- 1 sdt gula merah

Bahan dihaluskan:
- 4 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 4 buah cabai merah keriting
- 1 cm jahe
- 2 buah cabai merah besar
- ½ sdt ketumbar
- 1 cm kunyit, bakar
- ¼ sdt jintan
- ¼ sdt adas
- 1 cm lengkuas


Cara Membuat Rendang Telur Bumbu Padang :
1. Rebus telur ayam hingga matang, kupas. Kerat-kerat telur, goreng dalam minyak panas sampai berkulit. Angkat, tiriskan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah sampai harum dan kecokelatan. Tambahkan bumbu halus, serai dan daun kunyit sampai harum dan matang. Masukkan telur, asam jawa, garam dan gula merah. Aduk rata.
3. Masukkan santan cair, aduk rata. Masak sambil diaduk sampai santan berkurang. Tuang santan kental, masak sampai kering dan berminyak. Angkat. Siap untuk dihidangkan sekarang.