KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Sayur Lodeh Lezat Enak

f:id:kreasiresep:20180921182044j:plain

Enak dan pas sekali kita pilih sayur lodeh ini di rumah. Sudah satu pekan ini Bunda tidak bisa berkumpul selama sehari penuh bersama putra putri tercinta. Kesibukan di tempat kerja menjadikan pulang sampai rumah sudah petang bahkan malam hari. Meski perlu untuk memasak masakan istimewa di akhir pekan. Bingung pertama kali apa yang hendak mau dilakukan. Gimana bila masak sayur lodeh. Jumat sore sebelum sampai di rumah, Bunda langsung mampir dulu di pasar sayur. Memastikan seluruh bahan yang ada bisa dibeli di sana. Murah harganya dan lengkap lagi. Bahan yang mesti dibeli diantaranya : labu siam, jagung manis, terong ungu, kacang panjang, buncis, tomat, gula merah, dan lain-lain. Kemudian bumbunya juga harus disediakan. Misalnya lengkuas, bawang putih dan merah, kemiri, dan terasi. Sesudah lengkap, Bunda pulang dan esok harinya menata bahan dan bumbu tadi di dapur. Tidak lupa pula menyiapkan peralatan memasaknya. Baiklah selamat menyimak resep sayur lodeh enak.

Bahan yang dibutuhkan :
- 1 buah labu siam ukuran besar, potong dadu
- 1 buah tomat, iris-iris
- 150 gram kacang buncis atau kacang panjang, potong ukuran 3 cm
- buah melinjo sesuai selera
- daun melinjo seperlunya
- 1 buah jagung manis, potong-potong
- 1 sdt gula merah
- 1 buah terong ungu, potong dadu
- 200 ml santan dari ½ butir kelapa
- 400 ml air
- 1 sdt garam
- ½ sdt bumbu penyedap (optional)

Bumbu yang dihaluskan :
- 4 butir kemiri
- 3 siung bawang putih
- 2 cm lengkuas
- 1 sdt gula merah
- ½ sdt terasi
- 4 butir bawang merah


Cara Praktis Membuat Sayur Lodeh Spesial Lezaat :
1. Langkah pertama, kita panaskan sedikit minyak lalu tumislah semua bumbu halus hingga harum. Setelah itu angkatlah, sisihkan dulu.
2. Selanjutnya, kita didihkan airnya. Lantas masukkan potongan sayuran yang sudah dibersihkan dan masukkan bumbu yang ditumis tadi kemudian berilah garam, penyedap, gula merah, tomat, santan kelapa.
3. Langkah terakhir, aduklah rata dan masaklah sampai mendidih lagi serta menjadi benar-benar matang. Kini langsung bisa kita angkat dan sayur lodeh bisa langsung dinikmati. Selamat mencoba segera di rumah.