KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Kue Bolu Coklat Lembut dan Enak

Kali ini kreasiresep akan menyajikan bagaimana cara membuat kue bolu coklat yang rasanya enak. Yang namanya coklat memang bahan makanan dan kue yang menjadi pilihan semua. Kue apa yang ada kombinasi bahan kue, ternyata lebih banyak penggemarnya. Orang Indonesia umumnya suka dengan kue bolu. Untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan kue yang mengembang dengan baik, perlu untuk kita ikuti cara membuatnya yang benar. Takarang bahannya pun harus tepat sesuai dengan petunjuk di resep. Baiklah, mari kita langsung melihat uraiannya di bawah ini.

f:id:kreasiresep:20200701180342j:plain

Bahan yang diperlukan :
- 25 gr coklat bubuk
- 175 gr tepung terigu
- 25 cc susu cair pilih yang fullcream
- 100 gr margarine
- ¼ sendok teh coklat pasta
- 150 gram gula halus
- 6 btr telur
- ½ sendok makan emulsifier
- ½ sendok teh baking powder


Cara membuat kue Bolu Coklat:
1. Langkah pertama, ambilah panci kecil atau pan anti lengket, taruh diatas kompor dengan api yang kecil.
2. Terus kita masukkan margarine untuk dilelehkan sambil sekali-sekali diaduk agar tidak gosong. Jika sebagian besar margarine sudah leleh maka api boleh dimatikan, pastikan seluruh margarine sudah meleleh angkat dan dinginkan sebelum digunakan lebih lanjut.
3. Kemudian ambilah wadah masukkan telur dan gula pasir kemudian tambahkan emulsifier. Kocok dengan menggunakan mixer sampai semuanya mengembang dengan rata.
4. Ambil wadah baru serta pengayak kemudian ayak tepung terigu agar tidak ada kotoran maupun tepung yang menggumpal.
5. Lalu kita campurkan coklat bubuk dan baking powder ke dalam wadah yang berisi tepung, aduk sampai menjadi rata. Tuangkanlah tepung ke dalam wadah telur sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai kedua bahan tersebut tercampur rata.
6. Kemudian kita masukkan susu cair kedalam margarine yang sudah dilelehkan tadi, tambahkan coklat pasta aduk semuanya sampai merata.
Saat ini lebih baik digunakan untuk memanaskan oven, karena oven perlu mencapai suhu 180 derajat Celcius sebelum digunakan maka lebih baik oven dinyalakan sekarang agar ada jeda waktu 10 sampai kira-kira 15 menit sebelum oven digunakan untuk memanggang kue bolu coklat.
7. Lantas tuangkan adonan susu ke dalam wadah telur sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk pelan-pelan. Pastikan semua bahan sudah rata dan tidak ada yang menggumpal terutama untuk tepungnya jangan sampai ada yang menggumpal.
8. Ambilah loyang yang berbentuk kotak dengan ukuran kira-kira 20×20 cm. Olesi seluruh permukaan loyang menggunakan margarine dengan kuas. Potong kertas roti sesuai dengan ukuran loyang yang digunakan, masukkan kertas roti ke dalam loyang untuk membatasi seluruh permukaannya baik permukaan dasar maupun pinggirannya.
9. Terus, tuangkanlah adonan kue bolu coklat yang sudah jadi tadi ke dalam loyang sampai penuh. Panggang di dalam oven selama kurang lebih 30 menit. Keluarkan kue bolu coklat dari dalam oven, ambil piring berukuran besar atau loyang datar dan keluarkan kue bolu coklat dari cetakannya. Karena ada kertas roti sebagai pembatas seharusnya tidak sulit untuk mengeluarkan kue bolu coklat dari cetakan. Buang semua kertas roti setelah kue dikeluarkan.
10. Terus ambil pisau khusus untuk memotong kue bolu coklat yang memiliki ujung bergerigi. Potong kue bolu coklat kecil-kecil dengan bentuk persegi panjang. Untuk ukuran loyang ini maka kita bisa mendapatkan kurang lebih 16 potong kue bolu coklat. Tata di atas piring dan sajikanlah sekarang.

Mudah dan praktis kan? Jangan lupa kita bagi resep di atas kepada teman atau tetangga untuk dicoba. Pilihlah semua bahan yang berkualitas bagus. Oke, yuk kita coba resep kue bolu di rumah. Selamat dan sukses ya....

Kue bolu coklat memang banyak disukai orang karena texturnya yang lembut dan rasa coklat yang pas, tidak terlalu manis namun juga tidak hambar. Anda bisa menggunakannya sebagai pendamping minum teh di sore hari.