KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Sayur Gambas Kreasi Santan Istimewa

f:id:kreasiresep:20180119184657j:plain

Sayuran gambas sudah dikenal orang tua kita secara turun temurun. Dari dulu hingga sekarang masih eksis dan tidak ketinggalan oleh perjalanan zaman. Para ahli nutrisi juga tidak pernah lelah untuk mengajak masyarakat yang dimulai dari keluarga untuk banyak-banyak mengkonsumsi aneka jenis sayur mayur. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan serta menjaga kesehatan. Nikmat sehat termasuk yang sangat mahal bila dinilai dengan uang. Akan lebih baik bila kita memilih kuliner yang sehat, meskipun juga masakan selain sayur tetaplah sehat bila kita bijak dalam mengkonsumsinya. Hanya saja sayuran diminta untuk lebih memperbanyak konsumsinya. Salah satu yang kita akan bahas di kesempatan menyenangkan ini yaitu masak sayur gambas yang nama lainnya ialah oyong. Memang pada umumnya, gambas ini dimasak sayur bening. Namun, kita akan mengkreasikan sayur gambas tersebut menjadi berkuah santan.

Untuk membuatnya tidaklah sulit. Yang terpenting pada bahan santannya benar-benar dipilih dari yang berkualitas. Ini menurut saya, tapi klo memang punyanya yang biasa sebetulnya juga tidak masalah. Hanya saja klo pingin yang kualitas rasa dan gurihnya mantap, ya perlu juga pilih bahan pilihan gitu. Kemudian proses memasaknya hendaklah sesuai cara yang tepat. Dan para bunda saya yakin tak ada yang susah dalam memasak resep sayur gambas ini. Oke, lebih jelasnya kita lihat uraian lengkapnya yang berikut ini :

Bahan untuk menciptakan sayur gambas santan spesial:
- 350 gram gambas, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai kesukaan,
- 100 gram tahu putih, potong bentuk dadu dengan ukuran sesuai selera,
- Minyak sayur secukupnya untuk menu,
- 15 gram ikan teri nasi,
- 800 mililiter santan encer yang dibentuk dari 1/2 butir kelapa.

Bumbu sayur kita mesti haluskan:
- 3 siung bawang putih,
- Lada putih secukupnya,
- 6 siung bawang merah,
- 3 buah cabe merah keriting,
- 1 buah cabe merah besar,

Bumbu lain:
- 8 mata petai, masing-masing dibelah menjadi 2 bagian,
- 2 lembar daun salam,
- Lengkuas seukuran 2 sentimeter, dimemarkan,
- Garam dan gula pasir secukupnya,
- 0,5 sendok teh kaldu debu instan,

Cara membuat sayur gambas santan khas :
1. Pertama kali, kita panaskan minyak sayur untuk menumis. Lantas kita tumis bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam, lengkuas, dan petai hingga harum. Jangan ketinggalan untuk juga tambahkan ikan teri nasi, tumis hingga tercampur rata.
2. Kemudian tuangkanlah santan, masak sambil diaduk hingga mendidih, kecilkan api kompornya.
3. Kini kita masukkan gambas, gula pasir, tahu putih, garam, dan kaldu debu instan, masak sambil diaduk sesekali hingga matang, terus kita angkat.
4. Selanjutnya kita pindah ke wadah atau piring saji. Kini sayur gambas santan yang enak sudah siap dinikmati bersama keluarga. Untuk menikmatinya dengan nasi hangat, maka tambah enak bila kita lengkapi dengan kerupuk, rambak, atau tempe dan tahu goreng. Selamat menikmati. Waktu untuk menyelesaikannya tidaklah lama.