KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Membuat Wedang Ronde Mantap

f:id:kreasiresep:20200621230132j:plain

wedang ronde

Minuman wedang ronde sangat spesial yang bisa kita praktekkan di rumah. Tidak sulit dalam membuatnya sebab kita hanya membutuhkan beberapa bahan yang ada di sekitar rumah. Klo memang harus kita beli, gampang juga membelinya. Harganya pun juga tak mahal alias murah. Rasanya manis dan hangat karena ada rempah-rempahnya. Tatkala udara dingin di malam hari atau bahkan siang hari karena turun hujan deras, cocok sekali deh dinikmati sehingga badan terasa enak. Ditambah dengan sedikit ketrampilan yang kita miliki. Baiklah, yuk kita melihat uraian resep wedang ronde di bawah ini.

Bahan untuk membuat ronde:
- 150 gram tepung ketan kualitas baik
- 1/4 sendok teh garam dapur
- Pewarna makanan yang warnanya hijau secukupnya
- Pewarna makanan yang warnanya merah secukupnya
- Air bersih secukupnya
- 140 ml air hangat

Bahan untuk isi :
- 1/8 sendok teh garam dapur
- 50 gram kacang tanah yang sudah disangrai
- 25 gram gula pasir halus

Bahan untuk sirup:
- 2 liter air bersih
- 400 gram jahe, bakar lalu memarkanlah
- 1 sendok teh garam dapur
- 400 gram gula pasir halus
- 6 batang serai, memarkan dengan cara digeprek
- 4 lembar daun pandan, cuci bersih

Bahan pelengkap :
- 25 gram sagu mutiara merah
- 3 buah roti tawar, buang kulitnya (yang warnanya coklat), kemudian potong berbentuk kotak-kotak
- 200 gram kolang-kolang, rebus hingga matang kemudian iris-iris
- 1 kaleng buah lengkeng instan

Cara membuat wedang ronde adalah:
1. Kita buat isiannya terlebih dahulu caranya : blender kacang tanah yang sudah disangrai (kondisi masih hangat) bersama garam dapur dan gula pasir hingga halus. Lalu kita ambil adonan hasil blenderan lalu bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Sisihkan terlebih dahulu.
2. Kemudian kita buat ronde : campurkan tepung ketan dengan garam dapur, aduk rata. Terus, tuangkan air hangat sedikit demi sedikit ke adonan tepung sambil di uleni. Lakukan hingga adonan menjadi kalis.
3. Kini kita bagi adonan ketan tersebut menjadi 3 bagian : 1 bagian di campur dengan pewarna hijau, 1 bagian di campur dengan pewarna merah dan 1 bagian sisanya biarkan saja berwarna asli yakni putih.
4. Lalu ambil sedikit adonan, kemudian pipihkan lalu isi dengan isiannya. Lakukan sama seperti itu berulang-ulang hingga selesai. (semua adonan sama baik warna hijau, merah maupun putih). Rebus air cukup banyak hingga mendidih. Masukkan semua adonan ronde kedalamnya. Rebus hingga adonan mengapung ke permukaan. Angkat dan tiriskanlah.
5. Lantas kita buat sirup jahenya caranya : rebus 2 liter air. Masukkan jahe, gula pasir, serai, daun pandan dan garam. Aduk-aduk dan masak hingga mendidih.
6. Langkah terakhir tinggal menyajikannya dengan mengambil mangkuk, terus kita tata ronde di dalamnya bersama dengan pelengkapnya dan disiram dengan sirup jahe. Mantap rasanya.

Sederhana dan mudah kan kita bikinnya? Selamat mencobanya di rumah sendiri. Resep wedang ronde ini sangat pas untuk keluarga tercinta.