KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Opor Ayam Kering Sederhana Lezat

f:id:kreasiresep:20180222181933j:plain

Menyajikan resep opor ayam di hari raya lebaran memang istimewa. Rasanya masakan menu asli Jawa ini lezat betul. Khas rasa sangat mencolok pada bumbu rempah-rempahnya. Pokoknya, enaknya belum bisa diwakili oleh lainnya deh. Bahan pokok utamanya dari daging ayam. Lebih bagusnya pakai daging ayam kampung. Sedang untuk penyajiannya setelah matang nanti, sertakan bawang goreng untuk taburan. Nasi putih hangat pulen cocok sekali untuk ditemani opor ini. Tambah nikmat bila yang menikmatinya satu keluarga secara bersama-sama. Nuansa kedekatan akan terbangun. Oke, kita lihat uraian resepnya berikut ini :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
- 1 ekor ayam ukuran sedang. Inilah bahan paling utamanya. Bersihkan dagingnya dan potong menjadi sekitar 5-6 bagian, - Daun salam sebanyak 1 lembar saja,
- Santan kental kelapa kurang lebih sebanyak 250 ml,
- Santan kelapa yang encer kurang lebih sebanyak 750 ml saja,
- Daun jeruk purut sebanyak 1 pcs saja supaya lebih harum,
- Batang sereh bagian putihnya saja sebanyak 1 pcs,
- Bawang putih ukuran sedang kurang lebih sebanyak 3 pcs saja (untuk bumbu halus),
- Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 cm saja (untuk bumbu halus),
- Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 siung (untuk bumbu halus),
- Gula pasir 1 sendok makan saja (untuk bumbu halus),
- Ketumbar 1 sendok makan saja (untuk bumbu halus),
- Minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu halusnya atau kurang lebih sebanyak 4-5 sendok,
- Kemiri 5 butir (untuk bumbu halus),
- Kunyit 2 ruas jari (untuk bumbu halus),
- Jinten 1/8 sendok teh (untuk bumbu halus),
- Lengkuas 1 cm saja (untuk bumbu halus),
- Merica butiran 1/2 sendok teh (untuk bumbu halus),


Cara Mudah Membuat Opor Ayam Kering Enak
1. Kita haluskan bahan bahan bumbu halusnya sampai benar benar halus.
kemudian siapkan pengorengan dan beri minyak sayur secukupnya untuk menumis. 2. Selanjutnya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan di atas sambil diaduk aduk sampai tercium bau harum khasnya. Terus masukkan daun salam, batang sereh bagian putihnya saja dan jeruk purutnya ke dalam penggorengan. Aduk aduk kembali sampai ketiga bahan tersebut layu.
3. Lalu masukkan daging ayam yang sudah dipotong dan dicuci bersih ke dalam wajan di atas lalu aduk aduk kembali supaya semua bahan tercampur rata dan ayamnya berubah warna. Terus masukkan santan encernya terlebih dahulu lalu aduk aduk kembali dengan bahan lain sampai daging ayamnya lunak dan kelihatan ada lapisan minyak di atasnya.
4. Kemudian kita kecilkan api dan masukkan santan kental yang sudah disiapkan sebelumnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bumbu meresap ke dalam daging ayam. Tunggu hingga kuahnya mengering.

Inilah yang disebut resep opor ayam kering lezat. Kuahnya santan menjadi kering karena dipanasi sembari diaduk-aduk. Memang agak beda dengan yang umumnya akan tetapi rasanya tidak pernah kalah. Selamat untuk mencobanya di rumah.