KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Duo Resep Kue Kastengel Spesial Ny Liem Enak

f:id:kreasiresep:20180415153907j:plain

Resep kue kastengel Ny Liem spesial enak istimewa renyah. Banyak sekali kita perhatikan hidangan saat acara khusus yang dihadiri banyak orang. Ada yang jenisnya kue basah, jajanan tradisional, camilan, dan kue kering. Hari Lebaran merupakan satu moment salah satunya. Di hari tersebut setiap tahun ada. Setiap hari itu, seluruh keluarga berkumpul menjadi satu untuk menguatkan rasa silaturahmi. Bahkan bagi orang yang tempat tinggalnya jauh dari orang tua maka mereka mengadendakan untuk mudik atau pulang kampung. Begitu pun juga yang sedang bekerja, mereka pun tetap berpulang ke rumah orang tuanya. Sungguh ini sebuah kebahagiaan bagi tiap keluarga. Ada satu hidangan yang menjadi pilihan yakni kue kaastengel. Pada beberapa hari akhir bulan Puasa atau Ramadhan, akan muncul bak jamur di musim penghujan para penjual kue-kue kering. Yang biasanya tidak menjual kue kastangel, maka ia menyediakannya dalam jumlah banyak di jualannya. Namun begitu, untuk dapat mendapatkannya tidak harus kita membelinya. Bukannya karena harganya mahal, akan tetapi kita ingin menyajikan spesial buatan sendiri. Karena dengan tangan sendiri tentu kita mendapatkan hasil kue yang lebih spesial gitu. Di sini akan kami bagi dua resepnya. Baiklah, yuk kita lihat uraian resep kue kastengel berikut.

Resep Pertama :

BAHAN I:
- 150 gr mentega
- 1 sdt garam
- 150 gr margarin
- 2 Butir kuning telur
- 1 sdt penyedap rasa (bila suka)
- 1 sdt emplex

BAHAN 2:
- 50 ml fresh cream

BAHAN 3:
- 125 gram keju parmesan, parut
- 125 gram cheddar, parut

BAHAN 4 (campur dan ayak):
- 25 gram susu bubuk full cream
- 500 gram tepung protein sedang (Misal segitiga)
- 1 sdt baking powder
- 25 gr maizena

BAHAN 5 (campur dan saring) :
- 5 butir kuning telur
- 2 tetes pewarna kuning
- 1 sdm air
- 1/2 sdt minyak sayur


BAHAN 6 :
- secukupnya keju cheddar parut


Cara Membuat Kue Kastengel Ny. Liem Enak :
1. Langkah pertama kita campur dan kocoklah bahan 1 sampai jadi mengembang serta berwarna putih. Tuanglah bahan 2 sedikit demi sedikit, sambil juga terus dikocok.
2. Lalu Masukanlah bahan 3 serta kocok lah lagi sebentar. Terus masukanlah bahan 4, aduklah perlahan memakai spatula sampai merata.
3. Kini bentuklah sesuai selera anda. Olesi lah permukaan adonan memakai bahan 5 hingga merata, taburi dengan keju cheddar parut (bahan 6).
4. Pangganglah di dalam oven suhu 150 serajat celcius, kira-kira selama 20 menit lah, kecilkan nyala api jadi 100 celcius, pangganglah kembali 20 menit sampai kering dan matang. Angkat, dinginkanlah, dan siap untuk dihidangkan.
Resep Kedua

Bahan yang dibutuhkan :
- 400 Gram Tepung Terigu Protein Rendah Saja
- 250 Gram Butter Cream Atau Mentega
- 50 Gram Margarin
- 1 Sedok Makan Maizena
- 250 Gram Keju Kraft Cheddar
- 20 Gram Susu Bubuk Instan Full Cream
- 1/4 Blok Kaldu Sapi

Bahan Olesan Kue Kastengel :
- 2 Butir Kuning Telur Ayam

Bahan Taburan Keju Untuk Kue Kastengel :
- 50 Gram Keju chedar Diparut

Cara Membuat Kue Kering Kastengel Ny Liem Enak :
1. Langkah pertama campur butter dengan margarin, kaldu sapi blok lalu anda bisa mengocok dengan mixer sebentar saja lalu anda bisa menambahkan susu bubuk full cream., maizena, dan setengah bagian tepung terigunya lalu jangan lupa diaduk lagi.
2. Lalu tambahkan dengan setengah bagian parutan keju cheddar yang sudah
di oven dulu selama 5 menitan. Nah, ambilah sisa tepung terigu dan parutan kejunya lalu
masukan kembali dan aduk sampai merata dan kalis. Jika adonan sudah siap silakan ambil sedikit dan letakan dialas plastik lalu digepengkan dulu sampai kurang lebih 4 milimeter lalu dipotong dengan penggaris cookies agar panjangnya sama.
3. Silakan gunakan alat seadanya asalkan bisa terpotong kalau adonan sudah berbentuk sesuai dengan keinginan anda silaan tata sebelum di oven. Usahakan kita memberi jarak tiap kastengel agar tidak menempel. Jangan lupa memanaskan oven dulu selama kurang lebih 20 menitan dengan api sedang.
4. Olesilah kastengel dengan kuning telur dibagian atasnya dan berikan parutan keju cheddar di bagian atasnya. Kalau semua sudah siap silakan masukan loyang ke dalam oven yang sudah panas tadi silakan panggang kue ini selama kurang lebih 30 menitan hingga berubah warna menjadi keemasan dan berbau wangi nan harum.
5. Angkat dan dinginkanlah. Sesudah itu masukkan ke dalam wadah tertutup untuk bisa bertahan lama. Nah, mudah kan ? Yukk, kita praktekkan resep kue kastengel Ny Liem ini di rumah.