KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Kue Kering Semprit Coklat Keju Enak Khas Lebaran

f:id:kreasiresep:20180601175935j:plain

Rasanya memang manis dan mantap untuk disantap. Dahulu sewaktu saya masih kecil, sedikit sekali jenis menu sajian yang diketahui saat hari raya lebaran. Kini berbeda sekali, tiap hari raya menghampiri. Banyak sekali makanan yang terhidang di meja tamua. Saking banyaknya, sampai bingung mau milih yang mana untuk dimakan. Memang, penduduk meja tamu tatkala lebaran datang mayoritas dari jenis makanan kue kue-an. Khususnya lagi kue kering. Maka tak heran para bunda dan sis menyiapkan dari jauh jauh hari. Sedari awal bulan puasa pun sudah berpikir tentang hal itu. Ada yang kue itu untuk disajikan di rumah sendiri. Namun ada pula yang dikirim atau diberikan kepada orang tua atau kerabat dekat lainnya. Nah, satu jenis kue kering tersebut yakni kue semprit coklat. Rasanya enak manis dan renyah lagi. Bikinnya pun tidaklah sulit. Tangan kita bisa dengan mudahnya membuat kue itu. Sedari sekarang, mumpung lebaran masih agak lama, bisa dicoba resep kue semprit coklat keju ini.

Bahan yang Diperlukan
- 3 butir telur ayam,
- 300 gram tepung terigu,
- 300 gram mentega,
- 75 gram susu bubuk,
- 150 gram keju, parut terlebih dahulu
- 20 gram coklat bubuk,
- 150 gram gula putih halus,


Cara Membuat Kue Kering Semprit Coklat Keju Enak Sajian Lebaran :
1. Ayaklah beberapa bahan sampai dengan halus, beberapa bahan tersebut antara lain coklat bubuk, susu bubuk dan tepung terigu. Sisihkanlah.
2. Kemudian kita ambil sebuah wadah lalu masukan gula halus dan mentega ke dalamnya kemudian anda kocok semua bahan tersebut sampai dengan memutih.
3. Bila setelah memutih anda bisa menambahkan telur satu persatu ke dalam adonan tersebut kemudian anda kocok kembali sampai semuanya merata dengan baik.
4. Jika bahan-bahan sebelumnya sudah tercampur dengan baik, silahkan anda ambil bahan-bahan sebelumnya yang sudah diayak dan masukan ke dalam adonan, lalu aduk kembali bahan-bahannya.
5. Setelah adonan tersebut siap silahkan anda bagi menjadi 2 bagian dengan memasukannya ke dalam 2 wadah yang berbeda. Adonan 1 anda campur dengan parutan keju sedangakan adonan 2 anda tambahkan dengan coklat bubuk. Pastikan campurannya di kedua adonan tadi merata dengan baik. Sisihkan sebentar.
6. Selanjutnya, persiapkan loyang yang anda olesi dengan mentega dan juga plastik segitiga yang sudah diberi spuit di bagian ujungnya. Setelah semua peralaatan siap silahkan anda masukan adonan yang anda miliki ke dalam plastik spuit. Masing-masing adonan dalam spuit yang berbeda. Lantas spuitkan adonan coklat pertama kemudian adonan keju tepat di sebelahnya. Lakukan sampai sampai semua adonan habis anda spuitkan.
7. Sesudah adonan yang anda miliki siap dan diletakan di atas loyang kemudian anda panggang adonan tersebut di dalam oven selama kurang lebih 25 menit sampai 30 menit atau sampai matan. Angkatlah kue anda dan tiriskan untuk kita tunggu sampai dingin. Baru kemudian menatanya di dalam toples makanan yang kedap udara tentunya. Supaya kue bisa bertahan lama dan siap untuk jadi menu lebaran spesial.

Selamat mencoba di rumah, ya .... :)