KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Bakso Goreng Ayam Enak Renyah

f:id:kreasiresep:20180624151940j:plain

Kita sudah akrab sekali dengan masakan bakso. Mungkin, kalo dihitung usianya, sudah ratusan tahun masakan ini dikenal khalayak. Tidak berkurang orang yang menjadikannya makanan favorit. Memang rasanya enak dan tak pernah membuat bosan. Meski sering menyantapnya tetap saja ingin lagi. Salah satu variasi dari bakso yakni bakso yang digoreng. Bahan utam dari daging ayam. Jadi bakso goreng ayam. Sekarang, bakso dengan bahan dasar ayam hampir merajai pasaran. Meskipun belum mampu menyisihkan bakso daging sapi. Namun orang yang menjajakannya kini sudah ke pelosok desa. Di samping karena harganya juga lebih miring atau murah, masyarakat ingin sesuatu yang baru. Selera yang anyar gitu. Tidak hanya masakan seperti biasanya saja. Kita pun bisa sendiri membuatnya di rumah. Waktu luang yang cukup di hari libur ini pas untuk dimanfaatkan dengan acara memasak menu sederhana bakso goreng. Setelah selesai, nanti kita hidangkan untuk semua anggota keluarga. Bahan yang kita butuhkan tidaklah banyak kok. Sebagian besar sudah ada di tempat penyimpanan bahan masakan di dapur. Tinggal beberapa saja yang mesti mencari atau beli di luar. Proses memasak resep bakso goreng ayam ini juga tak terlalu repot amat.

Bahan yang dibutuhkan :
- 300 gram paha ayam fillet, dicincang halus
- 100 gram kulit ayam, dicincang halus
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 2 siung bawang putih, dihaluskan
- 1 sendok teh garam
- 1/8 sendok teh merica bubuk
- 1/8 sendok teh penyedap rasa
- minyak untuk menggoreng
- 1 sendok teh minyak wijen
- 150 ml air es
- 1 butir telur ayam
- 250 gram tepung sagu
- 1 sendok teh baking powder


Cara Membuat Bakso Goreng Ayam Sederhana Enak Renyah :
1. Pertama kali, campur ayam, kulit ayam, merica bubuk, bawang putih, garam,gula pasir, penyedap rasa, dan minyak wijen sambil diuleni sampai rata.
2. Kemudian masukkan air es sedikit-sedikit sambil diuleni rata. Tambahkan telur. Aduk rata. Masukkan tepung sagu dan baking powder. Aduk hingga merata.
3. Kini, kita bentuk bola-bola dengan sendok.
4. Terakhir, gorenglah dalam minyak panas sedang di atas api kecil sampai matang. Dinginkanlah. Siap untuk disajikan bersama saus sambal. Bila ingin dihidangkan di lain kesempatan, maka langkahnya kita bungkus dalam kemasan sesuai selera, lalu simpan di dalam freezer. Saatnya dibutuhkan, maka tinggal ambil dan langsung goreng gitu.