KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Kue Bika Ambon Medan Enak dan Khas

f:id:kreasiresep:20190513083202j:plain

Gimana kabar hari teman-teman? Moga baik-baik saja. Di hari yang cerah ini kita ingin isi liburan dengan kegiatan yang positif sekaligus menyenangkan. Baik untuk kita maupun juga anak-anak. Duh, masih bingung mau melakukan apa. Habis selama sepekan kita gunakan energi untuk bekerja. Sampai lupa buat rencana untuk ngisi liburan di akhir pekan. Namun, tidak masalah. Tetap semangat karena hari masih panjang. Kepikiran juga akhirnya untuk buat kue kesukaan si kecil. Terlintas ketika sebulan yang lalu saat menghadiri acara tasyakuran pernikahan keponakan di Medan. Kebetulan anak-anak semuanya ikut. Nah, di situ si kecil suka sekali makan yang namanya bika ambon khas daerah tersebut. Suka banget sampai habiskan banyak. Mau nambah lagi tidak bisa karena para tamu yang lain juga suka dan akhirnya sajian itu habis. Dari situlah ingin membuat sendiri di rumah. Langkah pertama tentu mencari dulu resep kue bika ambon medan yang klasik itu. Setelah dapat barulah mempraktekkannya. Kami bagikan caranya seperti di bawah ini.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan :
- 15 gr ragi instant
- 20 gr gula pasir
- 350 ml santan kental
- 15 gr tepung terigu
- 75 ml air
- 200 gr tepung sagu
- ½ sdt kulit jeruk purut, diparut
- 300 gr gula pasir
- 8 kuning telur
- minyak goreng untuk memoles cetakan
- ½ sdt vanilli
- 15 lembar daun jeruk purut
- ½ sdt garam
- ½ sdt pewarna kuning

Cara Membuat Kue Bika Ambon Enak :
1. Yang pertama yang harus anda lakukan ketika ingin mencoba resep bika ambon, campur semua bahan lalu diamkan selama 25 menit.
2. Lalu rebuslah santan, garam dan daun jeruk purut hingga mendidih sambil diaduk agar santan tidak pecah, angkat. Buang daun jeruk purut lalu campur santan dengan tepung sagu, aduk rata.
3. Kuning telur yang telah anda siapkan dikocok bersama gula hingga gula benar-benar larut. Masukkan tepung sagu, jeruk purut parut, estrak vanilli serta pewarna kuning. Aduklah hingga rata. Diamkan adonan tersebut selama 2-3 jam.
4. Lantas tuangkan adonan yang telah anda buat kedalam alat cetakan yang telah diberi olesan minyak dan panggang adonan tersebut dalam oven menggunakan api bawah, pastikan pintu oven terbuka pada saat proses oven berlangsung. Matikan oven bagian bawah, setelah itu nyalakan oven bagian atas lalu panggang hingga benar-benar matang dan memiliki warna kuning kecoklatan.
5. Bila telah dingin keluarkan kue dari cetakan, siap untuk kita sajikan sekarang.

Nah, ternyata kalau tahu caranya apa-apa itu mudah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya.