KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Nasi Uduk Rice Cooker Komplit Sederhana Enak

f:id:kreasiresep:20181211065513j:plain

Menikmati masakan lezat memang mantap sekali. Kebetulan hari-hari ini menjelang pergantian tahun. Dengan masuknya musim penghujan maka agak malas deh bila keluar rumah. Pingin tetap di rumah dan membuat masakan yang istimewa. Akhirnya setelah pikir-pikir, ketemulah dengan ide yang brilian. Membuat nasi uduk spesial. Akan bertambah mantap jika kita lakukan itu bersama-sama satu keluarga. Termasuk pula mengundang tetangga kiri kanan. Jadi tambah ramai gitu acaranya. Tidak hanya nasi uduk saja tentunya. Ada pelengkapnya pula. Seperti bawang goreng tabur, kerupuk udang, sambal, oseng-oseng tempe. Kalau mau boleh juga ditambah ayam goreng atau bakar. Cara memasak nasi uduk dengan diaron. Kekhasan nasi uduk ini adalah gurihnya. Dahulu orang memasaknya langsung diatas tungku api. Sekarang sudah berkembang dengan mesing rice cooker. Jadi lebih praktis gitu. Bahan-bahan penting harus dipilih yang bagus. Beras misalnya. Ini termasuk bahan yang paling utama. Usahakan tidak salah pilih. Kalau memakai beras yang sudah lama maka hasilnya pun kurang baik. Termasuk pula bahan tambahan lainnya seperti santan, serai, garam mesti kita siapkan sebelumnya. Setelah kita menyelesaikan memproses resep nasi uduk sederhana rice cooker ini, kita tinggal menyajikannya. Bagusnya disantap saat masih hangat.

Bahan-bahan :
- 3 cangkir beras yang telah dicuci bersih
- 3 lembar daun salam
- air secukupnya
- 2 batang serai, digeprek atau dimemarkan
- 1 sdt garam
- 200 ml santan jika tidak ada boleh pakai 1 kotak kecil santan siap pakai (kara)

Bahan Tambahan Agar Komplit :
- Bawang goreng
- Sambal
- Kerupuk
- Telur dadar diris-iris
- Irisan timun
- Oseng-oseng tempe

Cara Membuat nasi uduk rice cooker :
1. Pertama, masukkan beras telah dicuci bersih ke dalam rice cooker.
2. Tuangkan santan dan tambahkan air dengan takaran seperti biasanya kalau memasak nasi (bisa di ukur dengan cara: air merendam hingga 1 ruas jari di atas permukaan beras). Lantas masukkan semua bahan lainnya, daun dalam, serai & garam, aduk-aduk semua bahan hingga merata.
3. Nyalakan rice cooker, biarkan hingga kira-kira 15-20 menitan (masih 1/2 matang) lalu aduk-aduk nasi didalam rice cooker agar nantinya nasi terasa pulen. Tutup kembali rice cooker biarkan hingga matang, lalu nasi di aduk-aduk lagi.
4. Nasi uduk ala rice cooker siap untuk anda hidangkan. Beri taburan bawang goreng & bahan tambahan lainnya sesuai selera. Selamat mencobanya di rumah.