KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Nasi Goreng Jawa Timur Lezat

f:id:kreasiresep:20180315164457j:plain

Nasi goreng jawa timur terkenal sekali di seantero negeri. Memang yang namanya nasi kan sudah menjadi makanan pokok masyarakat kita. Jadi hampir gak ada yang tak kenal nasi putih yang bahannya dari beras. Negeri kita kan agraris. Jadi mudah sekali mendapatkan beras itu. Baik, kembali ke masalah masakan tadi. Untuk memasak nasi goreng bisa kita manfaatkan bahan yang ada. Semisal nasi yang sudah tidak dimakan atau sisa, dari pada nganggur dan dibuang. Alangkah baiknya dimasak menjadi nasi goreng panas dan pedas. Langsung menuju pencarian bahan-bahan apa aja yang dibutuhkan. Yang jelas, bunda tidak kesulitan untuk mendapatkan bahannya. Uang yang dikeluarkan pun tidaklah seberapa. Tak sebanding dengan rasa lezat yang akan kita nikmati nantinya. Cara membuatnya pun tidaklah repot. Namun juga perlu hati-hati ya, jangan sampai nanti gosong. Kan jadi gak enak disantap gitu. Pokoknya kualitas masakan nasi goreng kita sejajar dengan restoran lah. Selain nasi putih, ada bahan lain yang tak kalah penting dan menentukan kelezatan. Ia ialah paha ayam kampung atau jawa. Bahan dasar dan bumbu lainnya sebaiknya yang masih segar. Oke, yukk kita praktek aja resep nasi goreng jawa timur spesial bunda ini.


BAHAN UTAMA :
- 1 potong paha ayam atas bawah, direbus, digoreng, disuwir-suwir
- 500 gram nasi putih
- 3 lembar kol, diiris kasar
- 2 sdm minyak untuk menumis dan menggoreng nasi
- 1 batang daun bawang, dipotong 1/2 cm
- 3/4 sdt gula pasir
- 2 butir telur
- 1 sdm kecap manis
- 1 sdt garam
- 1 1/2 sdm bawang goreng untuk taburan

 

BUMBU HALUS :
- 1 buah cabai merah besar
- 1/2 sdt ebi sangrai
- 3 buah cabai merah keriting
- 2 siung bawang putih
- 4 butir bawang merah
- 2 butir kemiri, disangrai
- 1/4 sdt merica


BAHAN PELENGKAP :
- 6 lembar daun selada
- 1 buah mentimun, dipotong-potong
- 1 buah tomat merah, dipotong-potong


CARA MEMASAK NASI GORENG JAWA TIMUR SEDERHANA 2018 :
1. Langkah pertama kita panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Sisihkan dipinggir wajan. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir.
2. Lalu tambahkan nasi putih, kecap manis, garam, dan gula pasir. Aduk rata. Masak sampai matang. Masukkan ayam suwir, kol, dan daun bawang. Aduk rata. Tambahkan sambal pedas sesuai selera level kepedasan.
3. Kini aajikan dengan pelengkap dan taburan bawang merah goreng.


Boleh ditambahkan potongan mentimun dan kerupuk agar tambah meriah. Selamat menikmati.