KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Roti Tawar Enak dan Lembut

f:id:kreasiresep:20170716115254j:plain

Hampir semua orang tak asing lagi dengan roti tawar.Dan kita tentunya ingin membuat roti tawar sendiri di rumah? Resep di blog resep ini cukup sederhana dan mudah untuk dipraktekkan. Proses pembuatan roti tawar berikut ini dapat kita lakukan dengan mudah. Bahkan jika selama ini belum pernah membuatnya. Membuat sendiri di rumah itu memang menyenangkan. Untuk menikmati roti tawar yang enak dan empuk tentu menjadi keinginan kita. Pada umumnya roti tawar yang sering anda temui ada 2 jenis, yakni white bread dan toast bread. Roti jenis white bread yakni roti tawar yang masih berukuran besar, sedangkan toast bread adalah roti tawar yang sudah di potong potong.
Dari pada sangsi saat membeli roti tawar, padahal jenis makanan paling praktis untuk sarapan pagi adalah roti tawar, maka tentunya lebih sehat dan lebih enak makan roti tawar buatan sendiri. Membuat roti tawar sendiri di rumah adalah pilihan terbaik. Meskipun kita belum paham tata cara membuat roti, dengan mengikuti petunjuk singkat cara membuat roti tawar yang admin tulis resepnya secara jelas dan lengkap dari awal hingga menjadi roti yang enak, gurih, dan lembut.

Dibanding harus membeli di toko roti, membuat roti tawar sendiri di rumah dapat menghemat uang belanja kitalah. Selain itu, cara bikin roti tawar tidaklah sulit untuk dilakukan. Baiklah, yukk kita lihat uraian resep roti tawar di bawah ini:

Bahan yang diperlukan adalah :
- 1 sdt gula pasir
- 700 gram tepung terigu protein tinggi
- 2 sdt garam
- 2,5 sdt ragi instan
- 50 ml minyak goreng/olive oil/butter
- 350 ml air atau boleh juga pakai susu hangat

Water Roux:
- 125 ml air
- 25 gram tepung terigu

Cara membuat roti tawar lembut :
1. Pertama untuk water raux : campur semua bahan dan aduk sampai tidak menggumpal (saring bila perlu). Panaskan dengan api kecil sekitar 1-2 menit jangan sampai mendidih. Angkat lalu dingnkan suhu ruang dan water roux siap digunakan.
2. Kemudian kita ambil 50 ml susu hangat kemudian masukan ragi instan dan gula, aduk rata. Biarkan selama 5 menit hingga ragi berbusa.
3. Campur tepung,garam,olive oil,susu hangat, cairan ragi dan water raux. aduk hingga rata dan tutup adonan dengan plastik wrap selama 5 menit.
Kini kita uleni adonan seperti menggilas cucian dipapan penggilas selama 10 menit .
4. Bulatkan adonan dan olesi permukaan luarnya dengan minyak goreng. 5. Letakan di mangkok dan tutup plastik wrap. Biarkan hingga mengembang 2 kali lipat (sekitar 1 jam).
5. Setelah mengembang ,kempeskan adonan dan uleni lagi 5 menit. Siapkanlah loyang roti tawar dan olesi dengan margarin. Masukan adonan ke loyang dan biarkan mengembang lagi sekitar 1/2 jam.
6. Panggang dengan suhu 200 derajat celcius selama 35-40 menit tergantung oven masing-masing.
7. Angkat, lantas oles permukaan roti dengan butter dan dinginkan kemudian potong-potong. Siap untuk dinikmati.

Nah, mudah untuk kita praktekkan resep masakan tersebut di rumah. Cara yang sederhana menjadikan semua bisa mencoba. Agar roti tawar tetap lembut, simpanlah dalam wadah tertutup.

Itu adalah cara sederhana membuat roti tawar di rumah. Jika Anda ingin menambahkan warna, gunakan pewarna makanan agar roti tawar Anda lebih menggoda. Contohnya saja warna cokelat, Anda dapat menggunakan susu cokelat ataupun bubuk cokelat sebagai pewarna. Cukup sederhana dan mudah bukan cara membuat roti tawar di rumah yang empuk dan lembut, selamat mencoba resep roti tawar enak ini di rumah. Jangan lupa untuk dishare kepada saudara yang lain.