KREASI RESEP MASAKAN ENAK

Aneka resep masakan dan tips bermanfaat

Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan Sederhana

f:id:kreasiresep:20180814183343j:plain

Berbicara tentang masakan dari resep tongseng berbahan dasar kambing dengan tanpa menggunakan santan khas solo kini banyak yang menyukai. Bahkan tak sedikit yang menjadikannya sebagai wisata kuliner pilihan bagi keluarganya. Masakan dari salah satu kota di Jawa Tengah ini memang amat top dan populer. Bisa kita tes keterkenalanya tongseng kambing dengan menghitung berapa jumlah warung yang menjajakannya. Tentu banyak sekali, bisa ratusan ribu, bahkan mungkin jutaan. Melihat jumlah banyaknya warung tentu akan muncul kesimpulan bahwa pembelinya banyak. Namun di sini kita tak akan melakukan survey kepada para pelanggan, lho. Kita coba bahas gimana kalo buat sendiri masakannya di rumah. Bisa tentunya. Apalagi kalo sudah masuk waktu hari raya idul adha. Wah, jumlah daging kambing sangatlah melimpah. Tentu sahaja kita pingin untuk menghadirkan menu istimewa bagi keluarga tercinta. Baiklah, langsung aja kita cek resep tongseng kambing tanpa santan yang enaknya bikin kangen berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan :
- 1/2 kg gaging kambing segar
- secukupnya sayuran kubis atau daun kol, potong tipis
- 3 Sendok makan Kecap Manis (jika suka manis bisa ditambahkan sesuai selera)
- 1 batang sereh, ambil putihnya kemudian dimemarkan
- 1 ruas jari Jahe kupas dan memarkan
- 1 ruas jari Lengkuas, dimemarkan
- Air bersih secukupnya
- 2 buah tomat hijau atau merah, iris kasar
- 2 lembar daun jeruk
- ½ sendok teh garam
- Minyak goreng, untuk menumis
- ½ sendok the gula pasir
- ¼ sendok the penyedap rasa (optional)


Bumbu dihaluskan :
- ½ sendok teh Merica
- 3 siung Bawang putih
- 6 siung Bawang merah
- 4 buah cabai rawit, biarkan utuh
- 2 buah cabai merah, iris kasar

Cara membuat tongseng kambing tanpa santan sederhana :
1. Pertama bersihkan daging kambing dari lemak yang menempel, jangan mencuci daging kambing karena akan menyebabkan daging kambing berbau tajam. Cukup direbus dalam air mendidih sampai kotoran keluar. Buang air rebusan ganti dengan air rebusan yang baru.
2. Setelah daging kambing agak empuk angkat dan tiriskan, kemudian potong tipis-tipis supaya tidak alot, dan bumbu dapat meresap sempurna. Haluskan atau uleg semua bumbu halus.
3. Siapkan penggorengan yang agak besar, tuangkan minyak secukupnya untuk menumis. Tunggu sampai minyak benar-benar panas. Kemudian masukkan semua bumbu halus, aduk rata sampai tercium bau sedap/harum dari tumisan.
4. Setelah harum masukkan sereh, lengkuas, jahe, garam, gula dan daun jeruk. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata. Masukkan potongan daging kambing ke dalam penggorengan dan kemudian aduk-aduk sebentar supaya meresap dan sampai berubah warna dagingnya menjadi abu-abu.
5. Lalu tuang air bersih secukupnya ke dalam penggorengan dan aduk-aduk sampai daging tongsengnya dirasa sudah empuk. Setelah dagingnya empuk, tuang kecap kental manisnya bersama dengan irisan kubis dan buah tomatnya.
6. Aduk-aduklah supaya semua bahan tercampur rata dan daun kubisnya layu.
Koreksi rasa dan tambahkan garam, gula atau kecap manisnya, sampai rasanya pas. Lantas, aduk-aduk kembali sebentar, matikan kompor.
7. Kini tongseng Kambing siap disajikan bersama emping dan acar mentimun. Untuk kesehatan sangat baik lho bila kita makan daging disertai dengan mentimun. Oke, selamat mempraktekkan resep tongseng kambing tanpa santan di atas.